Sumber: https://economictimes.indiatimes.com/

Hai Sobat Sehat Mental! Sebentar lagi Valentine’s Day nih! Sobat siapin apa nih untuk orang tersayang? Apa jangan-jangan ngga siapin apa-apa? Hari Kasih Sayang tahun ini terasa berbeda ya. Biasanya kita bisa menghabiskan waktu bersama orang-orang yang disayang dengan makan di restoran, pergi jalan-jalan bersama ataupun sekedar ngobrol santai di rumah.

Eitsss… tapi jangan sedih Sobat Sehat Mental! Walaupun terbatas jarak, Sobat masih bisa merayakan Hari Kasih Sayang loh! Caranya dengan mengirim makanan spesial untuk yang tersayang! 

“Tapi aku gabisa masak.” Nah tenang aja Sobat Sehat Mental. Di kesempatan kali ini, sehatmental.id mau berbagi resep makanan yang mudah banget untuk diikutin dan pastinya anti gagal ya.

Chocolate Bomb

Resep pertama! Menu yang belakangan lagi terkenal banget di Tiktok ataupun Youtube ini wajib banget kalian coba. Namanya Hot Chocolate Bomb. Wah dari nama aja udah kebayang belum gimana bentuk dan rasanya? Yuk simak cara buatnya.

1. Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu cetakan bulat.

2. Lalu lelehkan dark/milk chocolate compound kesukaan kalian.

3. Setelah leleh, oleskan ke cetakan bulat tadi sampai menutupi seluruh lapisan cetakan. Kalian boleh lapisi 2 kali, agar coklat yang kalian bentuk tidak terlalu tipis.

4. Cetaklah 2 bulatan. Saat coklat yang dicetak sudah agak mengeras, lelehkan sedikit lapisannya diatas piring agar dapat direkatkan.

5. Nah, sebelum direkatkan, isi terlebih dahulu dengan bubuk cocoa/milo/susu bubuk, kemudian bisa diisi juga dengan marshmallow, sprinkles atau meses.

6. Lalu direkatkan antara bulatan 1 dan 2. Selesai deh!.

Hot chocolate bomb bisa disajikan dengan cara ditaruh di gelas lalu dituang susu panas. Setelah ‘bomb’ nya meledak dan isinya keluar, diaduk hingga semua larut jadi satu. Jika ingin tambah nikmat, tambahkan krim diatasnya ya. Cocok juga buat comfort drink loh!.

Ayam Chee-ci

Resep kedua! Kalo tadi udah yang manis-manis, sekarang beralih ke resep yang asin gurih yummy. Yang satu ini, dijamin nagih dan unforgettable. Namanya Ayam Chee-ci. Dengan bahan dasar paha ayam aja, kamu udah bisa buat resep endeeuuss ini. Apa aja sih bahan-bahannya? Yuk simak pembuatannya.

Bahan marinate ayam :

1. 1 jumput garam/ujung sendok teh (olesi ke seluruh bagian paha ayam)

2. ¼ kotak kecil unsalted butter (bisa juga pake ½  potong dari stik butter atau sekitar 5gr). Masukkan ke dalam daging paha ayam nya.

3. Tidak perlu didiamkan.

Bahan memasak ayam :

1. Panaskan dgn minyak zaitun/goreng biasa , goreng ayam yang sudah di marinate diatas teflon. Minyak yang dipakai sedikit aja ya, tidak sampai tenggelam. Diamkan sampai warna sedikit kecoklatan. Sambil ditutup ya. Jangan lupa dibalik apabila warna sudah berubah!.

2. Tambahkan jahe iris ke dalam panci.

3. Sambil menunggu ayam matang, buatlah Coleslaw. Parut kol menjadi bentuk kecil-kecil, lalu parut apel,  tambahkan bawang Bombay. Lalu tambahkan 1/3 sendok makan cuka, 2 sendok makan gula putih, 1 sendok teh garam, dan mayones sesuai selera. Tambahkan sedikit lada hitam/biasa. Aduk rata menjadi satu.

4. Ayam siap disajikan.

Bahan saus cabe :

1. Gunakan minyak yang tadi dipakai untuk menggoreng ayam.

2. Tambahkan 1 sendok teh garam, 3 sendok makan kecap manis, 2 sendok teh gula, 5 sendok teh gula cair/sirup jagung, 1 jahe yang diiris tipis.

3. Tambahkan cabe kering yang sudah ditumbuk/ bisa diganti dengan cabe bubuk. Bisa disesuaikan pedasnya ya.

4. Tambahkan kaldu bubuk ayam. Disesuaikan dengan selera asin masing2.

5. Tambahkan sekitar 100ml air, lalu aduk rata hingga tekstur saus sedikit mengental. Dan siap dihidangkan.

Bahan saus keju :

1. 100ml susu full cream, hangatkan.

2. Tambahkan keju milky soft/cheddar.

3. Tambahkan bubuk keju.

4. Aduk rata sampai mengental.

5. Saus keju siap dihidangkan.

Ayam Chee-ci ini bisa disajikan bersama nasi hangat loh atau hanya digado saja sudah nikmat. Cara menyajikannya, ayam terlebih dahulu ditata paling bawah, lalu disiram dengan saus cabe, dan dilapisi dengan saus keju yang nikmat!. Untuk coleslawnya, bisa disajikan bersama dengan ayam atau sebagai hidangan pendamping.

Nah, gimana Sobat Sehat Mental? Mudah kan resepnya? Kapan lagi kan kita bisa masak untuk yang tersayang? Hari Kasih Sayang ngga melulu harus dirayakan bersama pasangan loh. Jangan lupa merayakan Hari Kasih Sayang bersama keluarga, teman, sahabat, dan yang terpenting diri sendiri. Jangan lupa untuk selalu sayang dan memberikan kasih untuk diri sendiri ya, Sobat Sehat Mental! Jadi, yuk coba resepnya dan rayakan Hari Kasih Sayang dari rumah sembari berbagi hangatnya kebersamaan di Hari Kasih Sayang ini! 

Selamat merayakan Hari Kasih Sayang, Sobat Sehat Mental!

Desainwebku