Siapa sih yang tidak kenal smartphone di zaman ini? Bahkan anak bayi pun memainkannya. Smartphone, telepon pintar, apakah membuat penggunanya menjadi pintar? Atau kah sebaliknya? Sudah banyak lho penelitian mengenai smartphone ini. Salah satunya hasilnya ialah smartphone meningkatkan memori kita dengan membantu memori kita untuk memiliki kapasitas lebih banyak. Selain itu, smartphone juga mungkin meningkatkan penalaran nonverbal kita lho. Faktanya, smartphone juga membuat kita sangat mudah untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan.

Namun, kemudahan yang diberikan smartphone ini ternyata membuat aktivitas otak kita menurun. Contohnya saja dalam melakukan navigasi, kita sangat terbantu dengan aplikasi smartphone dan kita tidak perlu berusaha lebih untuk memahami peta atau kompas, cukup mendengarkan suara navigator dari aplikasi tersebut. Sebenarnya hal tersebut juga tidak dianggap salah sepenuhnya, karena pada akhirnya walaupun dengan cara yang berbeda, kita tetap dapat melakukan navigasi tersebut artinya tujuan akhir kita tetap tercapai.

Sama seperti pendapat-pendapat yang berbeda mengenai dampak smartphone terhadap memori. Selain hasil penelitian mengenai memori yang sudah disebutkan di atas, ada juga nih pendapat yang menganggap bahwa karena kita tahu internet memiliki semua jawaban dari pertanyaan kita, kita justru tidak lagi menyimpan informasi sebaik dulu sebelum kita memanfaatkan internet. Bagaimana pun, ada juga yang menganggap bahwa hal tersebut justru merupakan sebuah keuntungan, karena kita memiliki akses yang sangat mudah untuk mendapatkan informasi, tidak perlu mengingatnya dan bisa mengaksesnya kapan saja.

Jadi sebenarnya, apakah smartphone membuat penggunanya menjadi pintar ataukah tidak? Semua kembali lagi pada penggunanya. Smartphone memberikan kita kemudahan dalam mencapai tujuan kita. Smartphone merupakan alat yang dapat kita gunakan untuk mencapai tujuan kita dengan lebih mudah. Jadi sejatinya kita lah yang mengendalikan smartphone tersebut. Ketika kita sudah merasa dikendalikan oleh smartphone, atau sudah tidak bisa mengendalikan diri dalam menggunakannya, tentu harus ada yang diperbaiki dari diri kita dalam menggunakan smartphone tersebut. Yuk pintar dalam menggunakan smartphone!

Content Writer: Irsa Salsabilah | Content Editor & Ideation: Olphi Disya Arinda

Source:

Pyle, Samantha Owens. (23 Juni 2014). 4 ways smartphones are making us smarter. Diambil dari https://www.bizjournals.com/nashville/blog/2014/01/4-ways-smartphones-are-making-us-smarter.html

Wells, Kaitlyn. (4 Juni 2015). Does Technology Make Us Smart or Dumb? Diambil dari https://www.techlicious.com/blog/does-technology-make-us-smart-or-dumb/

Image: Unsplash.com

Send this to a friend