Membuang sampah sembarangan dampaknya banyak loh, guys. Eits, tapi kali ini kita tidak membahas dampaknya yang bisa kita lihat dimana-mana. Kita akan meninjau salah satu perspektif dari ahli psikologi lingkungan, alasan kenapa orang suka buang sampah sembarangan. Kenapa ya kira-kira? Daripada kita menduga-duga, yuk kita lihat penjelasan dari Profesor Paul Wesley Schultz, ahli psikologi lingkungan.

Ternyata, sampah yang tersebar di suatu daerah bukan berarti masyarakat yang tinggal di sekitar daerah tersebut suka membuangnya sembarangan. Kita mengetahui ada beberapa daerah yang bersih, tapi ada juga yang penuh sampah. Pengelola kebersihan daerah lah yang menentukan seseorang akan membuang sampah sembarangan atau tidak di daerah tersebut. Menurut Schultz, orang yang pada dasarnya suka membuang sampah sembarangan jika sedang berada di daerah yang bersih dari sampah, akan cenderung untuk tidak membuang sampah sembarangan. Kenapa bisa seperti itu? Karena mereka menilai daerah tersebut adalah daerah yang bersih dan harus mereka jaga kebersihannya. Tapi jika mereka sedang berada di daerah yang kotor, mereka juga akan membuangnya sesuka mereka.

Lalu, solusinya bagaimana?

Penyediaan trash bin di lokasi yang tepat

Dengan menyediakan tempat sampah di lokasi yang tepat, orang-orang bisa segera membuangnya. Coba bayangkan kalau kamu pergi pada daerah yang menyediakan tempat sampah pada beberapa lokasi dibandingkan yang tidak menyediakan sama sekali. Tentu kamu akan lebih cenderung membuang pada tempatnya pada daerah yang lokasi tempat pembuangannya terjangkau kan?

Menyediakan tempat sampah yang mudah untuk digunakan dan bersih

Ternyata kondisi trash bin mempunyai efek besar pada kecenderungan membuangnya. Jika tempat sampahnya saja kotor dan penuh, pasti kita akan lebih malas untuk membuangnya di tempat yang tepat. Masalah seperti ini adalah salah satu dari kurangnya perhatian pemerintah daerah dalam pembangunan infrakstruktur khususnya pada bagian pengelolaan kebersihan. Nah, artinya kita tidak bisa langsung menyalahkan orang ketika membuang sampah sembarangan. Kita sebagai masyarakat juga tidak hanya tinggal diam. Kita juga bisa loh lebih peduli dengan lingkungan tempat tinggal kita. Seperti memberikan masukan pada Ketua RT atau RW misalnya, agar mereka dapat menyediakan tempat pembuangan yang mudah digunakan dan bersih di lokasi yang tepat.

Penulis: Ristia Angesti

Sumber:

Pope, C. (2018). Talking rubbish: what makes people litter?. Ditemu kembali dari https://www.irishtimes.com/news/environment/talking-rubbish-what-makes-people-litter

 

Send this to a friend

Desainwebku