Adakah di antara Sobat Sehat yang kalap ketika baru gajian? Membeli barang-barang yang diincar dari beberapa minggu lalu atau malah tanpa sengaja membeli barang-barang tanpa tahu manfaat yang akan dipakai. Adakah Sobat Sehat merasa pendapatan yang diterima tidak cukup padahal sudah melakukan menabung dan berhemat dengan usaha yang maksimal. Eits, ngobrolin soal pendapatan nggak hanya soal penggunaannya aja, tapi juga bisa menggambarkan status sosial ekonomi (sosek) kita juga. Tahukah Sobat Sehat, ternyata pendapatan seseorang memengaruhi bagaimana otak kita bekerja, lho! Ah, masa sih? Coba kita ulik artikel satu ini.

Hubungan Antara Pendapatan dan Kesehatan Mental

Menurut penelitian yang dilakukan di Center for Vital Longevity dari Universitas Texas, Amerika Serikat, tinggi rendahnya pendapatan seseorang bisa berdampak pada cara kerja otak. Penelitian ini dilakukan dengan cara scan otak pada 304 orang berusia 20-89 tahun. Selain itu adanya hubungan antara pendidikan dan riwayat pekerjaan juga berpengaruh terhadap cara kerja otak. Saat seseorang memiliki pendapatan yang rendah atau menurun serta tidak bisa mengakses fasilitas kesehatan fisik dan mental yang layak, ternyata hal tersebut akan memengaruhi bagaimana seseorang berpikir.

Status Sosek-mu Berpengaruh terhadap Tingkat Stresmu

Bukan hanya itu, seseorang yang tidak memerhatikan kesehatan makanan dan berada di lingkungan kerja yang tidak baik akan menimbulkan suatu efek yaitu stres. Ketika merasa stres, kamu akan rentan mengalami penurunan kemampuan mengingat yang nantinya malah membuat kerjamu jadi tidak produktif. Stres sendiri muncul akibat hormon kortisol di dalam diri meningkat yang jika muncul dalam jumlah banyak bisa membuat kerusakan pada tubuh.

Hindari dengan Mengelola Uang Secara Baik

Sebenarnya mau seberapapun pendapatan yang diterima, tidak akan membuat seseorang menjadi stres ketika bisa mengolahnya dengan baik. Pendapatan dengan nominal yang besar jika pengeluarannya juga besar, pasti akan menimbulkan stres yang bisa berdampak pada kesehatan mental. Begitu pula sebaliknya, jika pendapatanmu tidak terlalu besar tapi bisa dikontrol dengan baik, tentu kamu tidak akan pusing dan stres ketika melihat digit-digit angka di rekening tabunganmu. Kalau sudah begini, Sobat Sehat harus pandai-pandai mengontrol diri supaya pendapatanmu bisa mencukupi kebutuhan hidupmu.

Kamu bisa mulai belajar mengatur keuanganmu. Ada banyak tutorial dan aplikasi mobile untuk mencatat pengeluaranmu dalam sehari bahkan sebulan. Dari situ kamu bisa tahu kemana saja uang-uangmu pergi dan dipakai untuk apa. Kalau uangmu aman, hati senang, say good bye to stress!

Penulis: Fathin Nibras

Sumber:

Khazan, Olga (2018) ditemu kembali dari How Income Affects Brain, The Atlantic.

Send this to a friend

Desainwebku