Kamu pernah merasa lebih baik setelah berolahraga di gym atau setelah jogging di car free day? Ternyata ada penelitian yang mendukung hal ini lho!  Menurut penelitian orang yang melakukan olahraga walaupun hanya seminggu sekali bahkan sepuluh menit sehari cenderung lebih ceria daripada mereka yang tidak pernah berolahraga. Sejumlah penelitian mencatat bahwa orang yang aktif secara fisik memiliki resiko yang lebih rendah mengalami depresi dan kecemasan. 

Studi terbaru dalam The Journal  of Happines Studies, para peneliti di Universitas Michigan melakukan analisis data pada 23 penelitian sebelumnya yang diterbitkan sejak tahun 1980. Selain itu penelitian sebelumnya menunjukan bahwa orang yang aktif secara fisik cenderung lebih bahagia dibanding orang yang tidak aktif. Berikut temuan menarik dari penelitian ini :

  • Jenis olahraga dan frekuensi melakukan olahraga tidak terlalu berpengaruh

Baik berjalan maupun jogging, melakukan peregangan maupun yoga. Dalam beberapa penelitian, orang yang berolahraga hanya sekali atau dua kali seminggu mengatakan bahwa mereka merasa jauh lebih bahagia daripada mereka yang tidak pernah berolahraga. Dan dalam penelitian lain, berolahraga selama sepuluh menit sehari cenderung dapat meningkatkan mood positif. Meskipun begitu, ada baiknya kamu mencoba untuk berolahrga selama minimal 30 menit per hari. Berdasarkan hasil penelitian ini 30% dari orang-orang yang berolahraga selama 30 menit per hari lebih mungkin untuk merasa bahagia dibandingkan orang-orang yang tidak berolaharga selama 30 menit.

  • Faktor sosial berpengaruh

Selain jenis dan frekuensi olahraga, apalagi sih yang mungkin kenapa olahraga bisa membuatmu bahagia? Ada indikasi bahwa faktor sosial dapat menjadi hal lain yang memberi efek olahraga terhadap kebahagiaan. Bercakap-cakap dengan teman sepanjang perjalanan ke gym atau ketika jogging dapat membuatmu merasa lebih baik. Olahraga dapat membuatmu menjadi lebih sehat dengan merasa lebih sehat mungkin dapat membuat orang merasa lebih bahagia. Ditatmbah lagi, olahraga juga dapat mendorong terbentuknya sel otak baru dan berkontribusi pada emosi positif.

Jadi mulai sekarang yuk berolahraga, walaupun sedikit tapi bisa memengaruhi kebahagiaan.

Penulis : Faizah

Referensi :

Reynolds, Gretchen. (2018). Even a little exercise might make us happier. Ditemu kembali  dari https://www.nytimes.com/2018/05/02/well/move/even-a-little-exercise-might-make-us-happier.html?partner=rss&emc=rss&mtrref=undefined

Send this to a friend

Desainwebku