Kenapa sih ada laki-laki yang tidak setia? Jangan-jangan ada hubungannya dengan aktivitas bagian otak tertentu? Ternyata, kesetiaan bukan hanya sikap semata. Lebih dari itu, ada bagian otak yang turut menjadi pemicu seseorang untuk tidak setia, terutama pada laki-laki. Suatu bagian otak, ventrolateral prefrontal cortex (VLPFC) ternyata memiliki hubungan dengan tingkat kesetiaan lho! Apa itu VLPFC? Dan gimana dampaknya pada kesetiaan?

Eksperimen rating pada foto

Salah satu penelitian yang dilansir Experimental Brain Research dengan 50 partisipan laki-laki (20-39 tahun) yang aktivitas otaknya diukur dengan suatu alat sambil melakukan tugas tertentu. Selain itu, semua partisipan yang sedang menjalin suatu hubungan paling sedikit 6 bulan. Proses penelitian secara garis besar dilakukan dengan cara memberikan foto-foto perempuan kepada masing-masing partisipan lalu mereka diminta untuk memberikan rating seberapa tertarik mereka untuk kencan dengan perempuan tersebut. Dan selama proses itu berlangsung, eksperimenter memonitor aktivitas bagian otak partisipan yang disebut ventrolateral prefrontal cortex (VLPFC).

Hasil penelitiannya tergantung pada jangka waktu hubungan

Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat kenaikan aktivasi VLPFC yang berhubungan dengan berkurangnya keinginan partisipan untuk berkencan dengan perempuan lain. Namun, penemuan ini hanya terjadi pada partisipan yang sudah menjalani hubungan dalam jangka waktu yang lama. Tidak ada hubungan antara aktivitas VLPFC dengan hasrat berkencan dengan perempuan lain pada partisipan yang baru menjalin hubungan dengan kekasihnya.

Apakah ini satu-satunya hal pemicu kesetiaan?

Di awal hubungan kita cenderung tidak merasa butuh menekan hasrat terhadap orang-orang yang menarik buat kita. Sedangkan jika kita sudah menjalin hubungan dalam jangka waktu yang lama, kita butuh untuk menekan hasrat demi menjaga hubungan. Mengingat sudah banyak investasi yang kita berikan seperti waktu, pikiran, emosi, tenaga, maupun materi. Dengan demikian, komitmen kita akan semakin kuat untuk tetap melanjutkan hubungan kita dengan pasangan.
Wah, ternyata memang banyak sekali sikap dan perilaku individu yang dapat dijelaskan dengan proses biologis ya. Semoga informasi ini menambah pengetahuan teman-teman ya. Apalagi di masa sekarang, kita membutuhkan sesuatu yang dapat dijelaskan secara logis dan ilmiah.

Penulis : Claudia

Sumber: Dolan, Erick W. 2018. Men with More Prefrontal Brain Activity are Also Committed to Staying
Faithful in Their Relationship.Ditemu kembali dari: http://www.psypost.org/2018/03/men-prefrontal-brain-activity-also-committed-staying-faithful-relationship-50879

Send this to a friend

Desainwebku