sumber gambar: NBC News

Hello guys!! Gimana nih kabarnya selama pandemi ini? Mulai merasa bosan ya di rumah? Atau malah betah di rumah karena Sobat Sehat Mental bisa ngerjain hal yang disuka sebebas mungkin? Nah buat yang ngerasa bosen, perlu banget nih nyimak pembahasan kita yang satu ini. Yup! It’s all about how to be productive in 2021. Eh… Tapi ini enggak cuman bisa dilaksanain di tahun ini aja loh, kalian bisa bgt nerapin ini di tahun2 berikutnya yang pastinya harus lebih bervariatif!

Yang pertama, teman-teman buat dulu nih list kegiatan kalian mau ngapain aja. Bahasa kerennya sih to-do list, yang bisa diisi dengan aktivitas sehari-hari biar lebih teratur dan rapi. Buat yg belum terbiasa, mungkin bisa mulai dari membersihkan tempat tidur, menyapu kamar, menjemur bantal guling, dan membereskan kamar dulu. Terus Sobat Sehat Mental terapkan hal ini setiap minggunya agar terbiasa.

Kedua, jangan biarin ada waktu senggang atau gabut. Gunakan waktu sebaik mungkin! Bisa diisi sama kegiatan yang ringan, atau cuci piring, buat cemilan sendiri, atau cuman sekedar cuci sama jemur baju.

Ketiga, sempatkan olahraga! Kasihan nih sendi sama tulang udah pada kaku karena jarang digerakkin. Rebahan memang nikmat, tapi jangan lupa untuk sesekali gerakkin badan ya Sobat Sehat Mental! Selain bisa membuat tubuh lebih bugar dan ga gampang capek, manfaat yang didapat berguna banget lho sebagai tabungan di masa tua nanti. Tapi, sebelum mulai olahraga, jangan lupa pemanasan dulu ya. Kalo ga pemanasan dulu, otot yang tahu-tahu digerakkin bisa jd kram dan yg ada badan kamu capek doang tanpa ada manfaatnya. Abis itu bisa sambil ngikutin video yang ada di youtube, atau jogging keliling komplek, bisa juga sepedaan selama 30 menit hingga 1 jam. Asalkan jangan abis olahraga mampir jajan ya.

Yang keempat nih, tambah skill yang ada dalam diri kamu. Nah, yang ini gampang banget nih Sobat Sehat Mental! Cari kegiatan yang berhubungan dengan hobi kalian, luangkan waktu, dan kerjakan sebaik mungkin. Jangan jadi orang yang biasa aja di tahun 2021. Kan sayang banget, ternyata banyak bakat terpendam yang ada di dalam diri kamu. Nah gimana sih cara menambah skill ini? Misalkan kalian suka masak, bisa banget mulai mencoba resep baru yang ada di buku masak atau youtube. Atau kalian bisa juga ikut kursus online yang sekarang udah banyak banget yang gratis dan tentunya bersertifikat. Berguna banget kan buat nambah pengalaman di dalam CV kamu.

Nah yang terakhir, coba mulai menyayangi bumi yuk Sobat Sehat Mental. Sobat bisa mulai dari hal kecil dulu nih! Bisa mulai dari menanam pohon di pot kecil. Dengan cara itu, Sobat Sehat Mental bisa punya tanaman sayur, bunga, bahkan buah. Seperti yang Sobat Sehat Mental tahu, sekarang juga lagi trend lho, menanam dengan metode hidroponik. Dengan memanfaatkan pipa-pipa bekas dirumah, gelas plastik, atau media plastik lainnya, Sobat sudah bisa menanam sayur sama buah. Gak butuh tempat yang besar, asal cahaya matahari cukup dan ini cocok buat pemula. Selain benefitnya buat bumi, rumah kalian juga tambah cantik loh tampilannya. Semakin banyak pohon yang kamu tanam, semakin banyak pula kadar oksigen yang kamu sumbang.

Wah ternyata banyak ya kegiatan yang bisa kita lakukan selama di rumah kan, Sobat Sehat Mental?? Yuk ga ada lagi alasan buat bermalas-malasan di rumah! Kunci produktif itu cuman satu, kemauan buat berubah. Kayak quotes dari Benjamin Franklin “Lost time is never found again,” waktu yang terbuang begitu saja dengan bermalasan juga bakal ngerugiin diri sendiri. Karena waktu itu ga bisa diulang lagi, dan bakal terus berjalan maju. Kalo dipake buat bermalas-malasan, kebayang kan gimana menumpuknya pekerjaan di hari besoknya?

Penulis: Rayyane
Editor: Aurelia

Desainwebku