Seiring berkembangnya zaman, banyak perubahan yang terjadi di sekitar kita. Mulai dari hal yang besar sampai yang kecil seperti misalnya perihal hewan peliharaan. Dulu, hewan peliharaan hanya dianggap sebagai salah satu bentuk investasi, misalnya dijual ataupun untuk kebutuhan lainnya. Sekarang, sudah banyak kita lihat bahwa tak sedikit keluarga yang menganggap hewan peliharaan sebagai anggota keluarga ataupun sahabat mereka sendiri, sehingga perlakuan mereka pun jadi berbeda. Yang tadinya hewan peliharaan mereka tidur di luar rumah, sekarang tidur di dalam rumah bahkan satu tempat tidur dengan pemiliknya. Mereka diberi makanan yang enak, baju yang cakep, bahkan tak sedikit yang sampai dibawa ke salon. Lalu, ada nggak ya manfaat memelihara hewan untuk kesehatan mental?

Memelihara Hewan Ampuh Hilangkan Stres

Human Animal Bond Research Institute (HABRI) menyatakan bahwa ada hubungan antara interaksi hewan peliharaan-manusia dengan kesehatan mental khususnya dalam hal depresi, stress, dan pasca stres akibat kejadian traumatis (PTSD). Selain itu, penelitian yang dilakukan HABRI menunjukkan adanya peningkatan kesehatan mental pada orang yang sudah lama mengalami PTSD jika mereka mempunyai service dog, anjing yang memang dipelihara untuk membantu orang yang mempunyai disabilitas ataupun masalah lainnya.

Ada Banyak Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan untuk Kesehatan Mental

Bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan dan memeliharanya dengan baik, ada banyak manfaat yang bisa kamu ambil. Di antaranya adalah meningkatkan kesehatan mental alias jadi sejahtera secara psikis. Peningkatan kesehatan mental meliputi:

  • berkurangnya gejala-gejala PTSD secara keseluruhan
  • berkurangnya tingkat depresi
  • meningkatnya kepuasan hidup
  • meningkatnya kesejahteraan hidup secara psikologis
  • meningkatnya minat untuk berpartipasi dalam aktivitas social
  • meningkatnya resiliensi/ ketahanan tubuh

Hewan Peliharaan Sebagai Teman Setia

Setiap orang yang punya gangguan mental seharusnya memang mempunyai akses untuk perawatan, pelayanan, dan dukungan yang berguna untuk peningkatan kualitas hidup mereka, termasuk hewan peliharaan sebagai teman mereka. Semakin banyak kita belajar tentang keuntungan dari ikatan antara manusia dan hewan peliharaannya, maka akan semakin banyak pula hewan-hewan di berbagai tempat seperti apartemen, kelas, kampus, dan lainnya. Jadi teman-teman, sayangi hewan disekitar kita ya. Karena jika kita merawatnya dengan kasih sayang mereka bisa menjadi sahabat dan membantu kita dalam banyak hal. Kita tidak pernah tau apa yang kita peroleh jika kita berbuat baik kepada manusia ataupun hewan.

Jadi, berbahagialah kamu yang memiliki hewan peliharaan dan mampu merawatnya dengan baik. Nggak hanya bisa menjadi teman saat sepi, tapi juga bisa menghilangkan stres dan penghibur di kala sedih. Jadi, hewan apa yang kamu jadikan peliharaan?

Penulis: Claudia Novianti

Sumber:

Feldman, Stephen. __. Science Says: Having A Pet Can Help Support Your Mental Health ditemu kembali dari: https://psychcentral.com/blog/science-says-having-a-pet-can-help-support-your-mental-health/

Send this to a friend

Desainwebku