Suka melamun ketika sedang di kelas atau ketika meeting? Ternyata melamun nggak selalu berarti otak kita kurang fokus, loh. Sebuah studi yang dilakukan oleh Eric Schumacher dan Christine Godwin dari Georgia Institute of Technology menunjukkan bahwa melamun merupakan sebuah pertanda kalau kita pintar dan kreatif. Wah, kok bisa?

Schumacher dan Godwin melakukan percobaan untuk mendapatkan bukti tentang kerja otak ketika melamun. Sebanyak 100 orang diminta untuk mengerjakan beberapa tes seperti, kreativitas, kecerdasan, dan fungsi otak secara maksimal sembari dipantau melalui MRI (magnetic resonance imaging).

“Dari gambaran citra otak ini dapat memberi kita informasi tentang area otak mana saja yang bekerja ketika dalam kondisi sadar atau saat otak beristirahat (melamun),” ujar Godwin.

Hasilnya, peneliti melaporkan peserta yang lebih sering melamun kinerja otaknya lebih tinggi dan efisien pada kemampuan intelektual dan kreatif. Schumacher mengatakan, efisiensi yang lebih tinggi berarti lebih banyak kapasitas untuk berpikir, dan otak lebih ‘mengalir’ saat melakukan tugas mudah.

Bagaimana kita bisa tahu apakah otak kita dalam kondisi efisien? Contohnya ketika kamu  sedang mengerjakan tugas dan mengobrol dengan teman dalam waktu bersamaan, secara natural kamu tetap bisa menangkap poin percakapan dan tugas tanpa adanya inti yang hilang.

Contoh lainnya, ketika kamu sedang melamun sembari mendengarkan penjelasan yang diberikan guru di depan kelas. Sebenarnya suara dari guru ditangkap oleh otak dalam keadaan rileks, sehingga infromasi malah dapat diterima dengan mudah.

“Ada perbedaan penting  pada individu yang perlu dipertimbangkan juga, seperti motivasi seseorang atau niat untuk tetap fokus pada tugas tertentu,” kata Godwin.

Content Writer: Aulia Fanny | Content Editor & Ideation: Olphi Disya Arinda

Source:

Maderer, J. (2017). Daydreaming Is Good. It Means You’re Smart. Retrieved from https://scienmag.com/daydreaming-is-good-it-means-youre-smart/

Godwin, C. dkk. (2017). Functional Connectivity Within and Between Intrinsic Networks Correlates with Trait Mind Wandering. Journal of Neuropsychologia

Image: unsplash.com

Send this to a friend