Apa yang kamu lakukan ketika merasa depresi, stres, memiiki kecemasan yang tinggi, putus asa, atau ketika kamu mengalami gangguan-gangguan kesehatan mental lainnya? Mungkin kebanyakan orang akan curhat ke sahabatnya, melakukan aktivitas yang menarik, melakukan beberapa terapi, atau meminum obat sesuai anjuran psikiater. Diet untuk mengatasi gangguan kesehatan mental, hmm mungkin gak ya?

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat (mens sana in corpore sano). Ya, kalimat tersebut dapat mewakilkan jawaban untuk pertanyaan diatas. Pada abad ke-17 di Inggris, hot and moist diet dipercaya dapat memberikan pengobatan untuk para melankonis. Kemunculan berbagai tulisan mengenai perbaikan kesehatan mental berbasis makanan juga mendukung pernyataan diatas, seperti buku “The Happiness Diet” hingga resep-resep seperti “Better than prozac, turmeric lemonade.”

Obat atau diet?

Ketika mengalami gangguan kesehatan mental, apakah kamu akan meminum obat sesuai anjuran dokter? Atau mengubah pola makan yang dapat memngaruhi kesehatan mental? Bukti menunjukan antidepresan efektif dalam mengobati depresi. Sedangkan diet dapat memainkan peran penting dalam perawatan kesehatan mental yang menyeluruh. Jadi, obat-obatan dan diet bukan merupakan dua jalur yang berbeda dalam kesehatan mental, kedua-duanya dapat berjalan beriringan.

Belum ada cukup bukti

Meskipun ada hubungan antara makanan dan kesehatan mental terutama depresi, akan tetapi belum ada cukup bukti untuk merekomendasikan perubahan dalam proses perawatan pasien yang depresi dari menggunakan obat-obatan menjadi mengubah pola makan. Terdapat beberapa kekurangan dalam penelitian seperti sebagian besar penelitian bersifat observasional, adanya pendapat bahwa manusia merupakan subjek yang tidak reliabel, kesulitan dalam memastikan dan mengukur ketaatan diet secara akurat, serta faktor lingkungan dan genetik. Kedepannya diharapkan para ilmuan menawarkan lebih banyak panduan tentang hubungan antara makanan dan reaksi di otak.

Nah, sekarang udah pada tau kan kalau ternyata diet dapat memengaruhi kesehatan mental. Mulai hari ini, yuk kita menerapkan pola makan yang sehat. Gak ada ruginya lho mencoba pola makan yang sehat, selain berpengaruh untuk kesehatan tubuh kita, juga berdampak positif untuk kesehatan mental.

Penulis: Faizah

Sumber:

Splitter, Jenny (2018) The Science of How Your Diet Affects Your Mental Health ditemu kembali https://www.thecut.com/2018/03/the-science-of-how-your-diet-affects-your-mental-health.html

Send this to a friend

Desainwebku