Mendengar kata bohong, pernahkah kamu berbohong? Atau pernahkah dibohongi oleh orang lain? Tapi kalau Sobat Sehat yang berbohong, biasanya alasannya karena apa, sih? “Tapi keadaan bikin aku harus bohong, nih, gimana caranya jujur?” Coba kita baca artikel yang satu ini.

Sebenarnya, setiap dari kita adalah orang yang jujur, tapi ada keadaan-keadaan yang memaksa seseorang untuk berbohong. Ketika jujur malah membuat keadaan semakin runyam, maka berbohong jadi pilihannya. Ketika jujur malah mendapat penolakan, berbohong akhirnya jadi jalan keluar. Padahal berbohong hanya menunda masalah untuk jadi lebih besar lagi. Nah, gimana sih caranya supaya kita berbicara jujur tanpa menyakiti hati orang lain?

1. Jujur Pada Diri Sendiri

Jika ada hal-hal  yang tidak kamu sukai atau kamu sukai, kamu bisa coba untuk menyampaikannya. Mungkin ada orang yang mengejekmu, dan ini membuatmu merasa tidak nyaman meskipun sebenarnya dia sedang bercanda. Kamu dapat mengatakan bahwa kamu merasa tidak nyaman dengan ejekan tersebut. Atau ketika kamu diajak main, tapi kamu sedang tidak ingin keluar rumah. Kamu boleh mengungkapkan kalau kamu lagi tidak mau kemana-mana karena kamu sedang ingin di rumah saja. Meskipun ketika jujur belum tentu semua orang bisa menerima keputusanmu, setidaknya kamu sudah berusaha, kan?

2. Bertanya

Tanya ke diri sendiri, apa kamu nyaman dengan kondisi seperti sekarang ini? Kalau kondisinya menyangkut dengan orang lain, kamu boleh tanya ke orang tersebut, “Kok kamu malah bersikap kayak begitu di depan orang banyak? Karena sejujurnya aku tidak nyaman kalau kamu begitu.” Boleh banget untuk mengungkapkan alasan kenapa kamu tidak nyaman dengan kondisi seperti itu. Tapi ingat ya, gunakan bahasan dan kata yang baik juga santun.

3. Ungkapkan Lewat Tulisan

Kalau ternyata kamu kesusahan untuk mengatakan kejujuran secara lisan, kamu bisa mengungkapkannya secara tertulis. Mungkin kamu bisa chat temanmu karena kalau diucapkan secara langsung itu malah membuatmu tidak nyaman.

4.  Minta Bantuan

Kamu bisa minta bantuan orang-orang terdekatmu untuk menyusun dan memilih kata-kata yang tepat supaya orang lain tidak tersinggung. Kalau ternyata hal yang ingin kamu ungkapkan adalah hal yang sangat privasi tapi kamu ingin mengungkapkannya, kamu bisa minta saran dan bantuan dari seorang ahli.

5. Percaya Pada Dirimu

Mencoba untuk jujur adalah sikap yang baik, bahkan seburuk apapun kondisinya. Kamu bisa mengingat lagi kenapa kamu harus berkata jujur, dan bagaimana dampak dari sikapmu ini nantinya. Kadang memang tidak mudah untuk jujur, tapi kalau belum dicoba tidak akan tahu bagaimana prosesnya. Berbohong tidak akan menyelesaikan masalah, kan?

 

Penulis : Fathin Nibras

Referensi :

Rodale, M. (2018). How to tell the truth in 7 not-so-easy steps. Ditemu kembali https://www.huffingtonpost.com/maria-rodale/how-to-tell-the-truth-in_b_3414805.html

Send this to a friend

Desainwebku