“Eh mabar yuk mabar!”

Pernah mendengar kalimat seperti itu?

Istilah mabar alias main bareng ini biasanya digunakan oleh indvividu yang mengajak temannya untuk bermain game online secara bersamaan.

Di Indonesia game online sudah berkembang lebih dari 5tahun belakangan ini dan terus diminati oleh para pecinta games. Di era serba canggih seperrti ini game online saat ini tidak hanya dapat dimainkan melalui komputer, namun juga pada gadget yang mereka miliki.

Tapi pernahkah kamu melihat seseorang yang sering bermain game online cendrung lebih sering marah-marah? Bahkan menyerang atau mudah bermain tangan saat berkomunikasi?

Penelitian yang dilakukan Kim, Joo Eun dkk pada tahun 2007 dengan 1471 sampel online gamers ini menjawab bahwa seseorang yang bermain game online yang bertemakan kekerasan dan pembunuhan, mereka cenderung memiliki sifat agresi pada dirinya dan dapat bertindak keras pada dunia  nyata.

Selain itu pada penelitian ini juga perilaku agresif terlihat ketika para gamers melampiaskan impulsive agresive-nya pada games yang mereka mainkan, yang tidak bisa diterima di dunia nyata namun dapat dipecahkan di dunia maya melalui online games.

Maka tidak heran nih, kalau kita sering lihat indivdu yang sudah kecanduan game, biasanya lebih sering marah-marah dan bertindak kasar dibandingkan individu pada biasanya.

Content Writer: Meidesta Pramesti | Content Editor & Ideation: Olphi Disya Arinda

Source:

Kim, Joo Eun . 2007 . The Relationship between Online game addiction and Agression Self-Control and Narcistic Personality trait. 23 (212-218).

Send this to a friend