Kebanyakan dari apa yang kita ketahui merupakan hasil usaha dari mengingat. Namun, tak jarang juga ya kita melupakan apa yang telah kita ketahui. Tapi tenang, ada tips untuk meningkatkan memori biar kamu gak mudah lupa. Seperti berikut ini:

Mengulang pembelajaran. Untuk menguasai suatu materi, coba deh gunakan waktu latihan yang dibagi-bagi. Kamu bisa memanfaatkan waktu-waktu luang kamu walaupun hanya sebentar, seperti ketika kamu sedang dalam perjalanan, menunggu dalam antrean, atau menunggu kelas dimulai. Memori baru itu lemah, dengan berlatih kamu akan memperkuat mereka.

Buatlah materi yang dipelajari bermakna. Untuk menghubungkan konsep-konsep yang kamu pelajari, coba buatlah catatan dengan bahasamu sendiri. Mengulang-ulang kalimat seseorang tanpa perhatian penuh akan relative tidak efektif. Buatlah gambar, pahami dan organisasikan informasi, kaitkan materi dengan apa yang telah kamu ketahui atau alami, dan tuliskan dengan kata-katamu sendiri.

Minimalisasi gangguan. Kurangi mempelajari dua hal yang akan mengganggu satu sama lain dalam waktu yang sama. Contohnya mempelajari Bahasa Spanyol tepat setelah kamu mempelajar Bahasa Perancis. Ada juga lho saran untuk mempelajari sesuatu sebelum tidur untuk membuat kamu tidak mudah lupa.

Tidur cukup. Ketika tidur, otak mengorganisasi dan memperkuat informasi untuk memori janka panjang. Kekurangan tidur akan mengganggu proses tersebut. Jadi, usahakan tidur yang cukup ya.

Uji pengetahuanmu. Bisa dengan cara mengulang atau mencari apa yang belum kamu ketahui. Jawablah beberapa pertanyaan untuk mengingat kembali, buatlah daftar istilah dan konsep yang dapat kamu gunakan untuk latihan mendefinisikan istilah dan konsep tersebut, dan cobalah latihan ujian.

Content Writer: Irsa Salsabillah | Content Editor & Ideation: Olphi Disya Arinda

Source:
Myers, David G. (2010). Psychology 9th ed. In modules. New York: Worth Publishers.

Image: unsplash.com

Send this to a friend