Beberapa orang merasa kesulitan ketika harus berhadapan dengan orang baru. Tak jarang dari mereka sibuk memikirkan cara agar bisa menjadi disukai dan diterima oleh suatu lingkungan. Hal ini juga memengaruhi first impression seseorang terhadap kita lho!

Banyak orang beranggapan bahwa menjadi disukai merupakan suatu karakteristik bawaan, tapi menjadi disukai juga dapat dibiasakan lho, Sobat. Menjadi diri sendiri dan merasa nyaman dengan diri sendiri adalah kunci utama yang harus kita lakukan agar kita menjadi lebih disukai. Nah berikut ada 5 tips yang akan membantu kamu agar menjadi lebih disukai, tapi ingat yaaa… lebih disukai dengan segala yang ada dalam dirimu, bukan menjadi orang lain. Yuk disimak tips nya!

1. Mengakui kekurangan yang ada dalam diri

Inti dari sebuah daya tarik adalah keaslian. Jangan pernah malu ataupun berusaha untuk menutupi kekurangan kita. Berdamailah dengan kekurangan yang ada, hindari untuk mengeluhkan kekurangan tersebut. Tampil apa adanya dan jujur akan diri sendiri juga penting, lho!

2. Menunjukan ketertarikan terhadap lawan bicara

Sebuah eksperimen menunjukan bahwa jika seseorang diberitahu bahwa kita menyukainya, maka kemungkinan mereka akan menyukai kita kembali dengan lebih baik. Tunjukan ketertarikan terhadap ide atau gagasannya, tapi jangan berebihan ya. Berikan pujian senatural mungkin. Dalam hubungan profesional, persahabatan, atau apapun itu, pujian yang natural akan selalu melekat di pikiran lawan bicara.

3. Gunakan humor atau candaan

Banyak pembicara membuka presentasinya dengan humor ringan, tujuan nya agar kedepannya pendengar dapat menerima apa yang disampaikan oleh si pembicara tersebut. Kamu bisa melontarkan sedikit candaan ringan, bukan yang menghina fisik atau kekurangannya. Tapi ingat, jangan terlau di paksakan ya, nanti malah jadi garing. Hehehe.

4. Mendengarkan dengan intensif

Orang akan suka ketika mereka didengarkan dengan baik. Jadilah pendengar aktif yang baik dibanding memikirkan apa yang harus dikatakan selanjutnya usai mendengar cerita dari lawan bicara. Terlihat asyik menyimak apa yang dikatakan lawan bicara bisa jadi nilai plus, bahwa kamu orang yang seru untuk diajak ngobrol.

5. Tanyakan sesuatu agar lebih disukai

Begitu banyak orang terjebak dalam memikirkan apa yang harus dikatakan selanjutnya. Sederhana saja, cukup tanyakan lebih lanjut mengenai yang dibicarakan nya atau bisa dengan kata-kata seperti “Wah menarik sekali, coba ceritakan lebih lanjut tentang itu, aku ingin tahu lebih banyak.” Menanyakan sesuatu membuat mereka merasa dipedulikan.

Nah, sekarang udah tahu kan gimana caranya agar lebih disukai oleh lingkungan atau orang baru? Yuk, coba praktikan dan lihat bagaimana reaksi orang terhadap kamu 🙂

Penulis: Faizah

Sumber:

Wolff, Carina . 2018 . 9 Interesting Psychological Tricks People Use To Make Them More Likable. ditemu kembali https://www.bustle.com/p/9-interesting-psychological-tricks-people-use-to-make-them-more-likable-8349866

Send this to a friend

Desainwebku