Kita sering banget denger “aduh stres banget deh” “banyak kerjaan banget, gue stress”. Tapi tahu nggak sih stress itu apa? Stres adalah faktor fisik, mental atau emosional yang menyebabkan tegangan pada tubuh ataupun mental. Stres bisa disebabkan oleh faktor eksternal seperti situasi sosial atau lingkungan. Stres seringkali dialami oleh orang-orang yang bekerja, deadline kerjaan yang banyak, jalanan macet, tagihan banyak, dan masih banyak lagi. Tapi bisa nggak sih stres ini berdampak ke hubungan romantis kita? Jawabannya BISA BANGET.

Orang yang sedang mengalami stress seringkali minim afeksi sehingga mungkin banget kita jadi lebih emosional dan berakhir berdebat sama pasangan, selain itu stress juga bisa memunculkan sifat paling buruk seseorang. Kalo udah kayak gini biasanya pasangan akan jadi jauh karena sikap kita yang buruk. Salah seorang peneliti di Britania menemukan bahwa 1 dari 4 pasangan di Inggris tidur secara terpisah dengan pasangannya, 38% dari responden penelitian mengatakan mereka tidak tidur bersama pasangan karena masalah dalam hubungan dan sehabis berargumen dengan pasangannya. Berdasarkan penelitian ini, Donna Dawson, seorang psikolog dan relationship expert, mengatakan bahwa di hidup yang penuh tekanan sangat penting bagi pasangan untuk menemukan cara bagaimana supaya mereka bisa menghabiskan waktu bersama dan berbagi tempat tidur yang nyaman bersama pasangan jadi penting banget supaya ikatan emosinya nggak hilang.

Terus gimana ya kalo kita sedang mengalami stress dalam hubungan? Ada cara-cara supaya hubungan kamu nggak ikut berdampak meski lagi stres, diantaranya :

  1. Terbukalah kepada pasangan tentang apa yang bikin kamu stres

Terbuka mengenai stres yang sedang kamu alami nggak akan membuat kamu terlihat rapuh, justru kamu bisa lebih memahami perasaan kamu jika kamu terbuka. Melibatkan pasangan juga bisa membuat mereka tidak merasa ditinggalkan sehingga situasi hubungan kamu nggak akan bertambah buruk.

  1. Buat suasana menyenangkan

Kamu bisa mengatasi stres yang kamu alami dengan membuat suasana kembali menyenangkan, misalnya mendengarkan musik sebelum kerja, fokus kepada hal-hal baik yang kamu alami hari itu.

  1. Jadikan penyebab stres sebagai tantangan

Ketika kita punya sesuatu yang bisa kita gunakan untuk mengatasi stres biasanya kita menganggapnya sebagai sesuatu yang menantang, misalnya saat kita punya banyak deadline tugas yang harus dikerjakan dan kita punya cukup waktu dan dukungan dari orang lain, maka kita akan menganggap bahwa deadline itu adalah sesuatu yang menantang dan bukannya membebani. Membuat stres tampak sebagai tantangan daripada sesuatu yang membebani dan fokus kepada cara mengatasi stres nya bisa membuat kamu lebih relaks.

  1. Minta dukungan dari pasangan

Mintalah pasangan kamu untuk membantu kamu mengatasi stres, misalnya meminta dia mendengarkan keluhan kamu,serta memberikan emotional support yang kamu butuhkan.

Nah, itu dia tips-tips yang bisa kamu coba ketika kamu mengalami stres saat berada dalam hubungan, jangan sampai stres yang kamu alami diluar memberikan dampak negatif ke hubungan kamu ya.

 

SUMBER

https://www.psychologytoday.com/blog/between-you-and-me/201709/10-ways-fight-stress-spillover-in-your-relationship

https://www.relate.org.uk/relationship-help/help-relationships/mental-health/stress-relationships

https://www.thesun.co.uk/news/4674495/one-in-four-british-couples-no-longer-sleep-in-the-same-bed-due-to-the-stress-of-modern-life/

 

Penulis: Niken Mawar
Editor: Elga Theresia

Desainwebku