Lapar ternyata tidak hanya menjadi alarm dari tubuh jika kita membutuhkan makanan. Lebih dari itu, lapar dapat membuat kita jadi sulit berkonsentrasi, mudah mengantuk, mudah marah, lebih sensitif, dan lain-lainnya. Mungkin kita juga sering mengamati teman yang lagi lapar bisa tiba-tiba jadi mudah marah dan lebih sensitif saat merespon kejadian tertentu. Padahal biasanya juga tidak seperti itu. Apa benar kita menjadi lebih sensitif ketika lapar? Why do when someone hungry can be a “hangry person”? 

Sensitif Ketika Lapar Secara Biologis

Hangry atau bisa kita sebut keadaan dimana seseorang yang sedang lapar menjadi mudah marah dan lebih sensitif. Banyak penelitian yang menjelaskan mengenai keadaan hangry ini terjadi karena kadar glukosa dalam darah menurun sehingga memicu meningkatnya hormon epinephrine dan cortisol. Kedua hormon tersebut meningkat ketika kita berada pada situasi yang menegangkan dan mengancam, misalnya seperti saat kita akan mengikuti ujian.

Lapar Memengaruhi Emosi dan Persepsi

Lapar cenderung mengaktifkan emosi negatif sehingga kita lebih impulsif dan bertindak lebih emosinal pada situasi tertentu.Tapi tidak semua orang yang lapar menjadi mudah marah dan sensitif. Peneliti Jennifer MacCormark dari University of North Carolina mengatakan memang kedaan seseorang yang sedang lapar dapat berpengaruh pada emosi dan persepsi pada lingkungan sekitar. Namun, hal itu bergantung pada beberapa hal seperti pada situasi lingkungan disekitar kita. Jadi, pada situasi lingkungan yang menyenangkan atau kurang menyenangkan dapat membuat kita menjadi “hangry person” apa tidaknya. Situasi pada lingkungan yang menyenangkan membuat orang yang lapar tidak lebih sensitif dan mudah marah. Sebaliknya, pada situasi lingkungan yang buruk dan kurang menyenangkan dapat memicu kita menjadi hangry.

Kesadaran akan Rasa Lapar

Lalu, ada hal lain lagi yang menentukan kita bisa menjadi mudah marah atau tidaknya saat lagi lapar, yaitu kesadaran kita bahwa kita sedang lapar. Kadang saat kita tidak sadar kita sedang lapar akan membuat kita jadi lebih sensitif dan mudah marah bahkan masalah sepele sekalipun. Tapi kalau kita menyadari kita sedang lapar dan tahu kalau lapar yang kita rasakan dapat membuat kita jadi mudah marah, akhirnya kita dapat lebih mengontrol sikap dan emosi kita.

Mungkin sebelumnya kita hanya berpikir saat kita lapar menandakan kita membutuhkan makanan, tanpa mengetahui lebih jauh apa dampak psikologis ketika kita lapar. Nah, ketika kita sudah mengetahuinya, kita dapat lebih mengontrol emosi saat sedang lapar agar tidak mudah mudah marah atau lebih sensitif dalam merespon sesuatu. Jangan sampai lapar menjadikan kita hangry yah.

Penulis: Ristia Angesti

Sumber:

Lewis, J. G. (2016). Why Do We Get “Hangry”?, Ditemu kembali https://www.psychologytoday.com/intl/blog/brain-babble/201607/why-do-we-get-hangry.html

Sliwa, J. (2018). Are You Really You When You’re Hungry?, Ditemu kembali https://www.apa.org/news/press/releases/2018/06/hungry.aspx

 

Send this to a friend

Desainwebku