Pernah nggak waktu bercermin terus jadi nggak percaya diri karena merasa pipi jadi kayak bakpao, hidung banyak komedonya atau lengan terlihat berlemak bukan berotot? Tau nggak sih kalau keseringan gitu bisa jadi kamu punya negative body image loh. Apa itu negative body image? Negative body image adalah keadaan ketika kamu memiliki standard penampilan fisik yang terlalu tinggi atau tidak realistis yang kemudian mempengaruhi pola pikirmu terhadap dirimu sendiri. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh iklan-iklan produk kecantikan hingga postingan-postingan di media sosial. Individu dengan negative body image akan cenderung tidak percaya diri, merasa tidak berharga, memiliki eating disorder hingga depresi. Oleh karena itu penting untuk kamu bisa meningkatkan body image yang positif. Berikut beberapa tips agar kamu bisa memiliki body image positif :

  1. Kenali kebutuhanmu

Setiap orang memiliki bentuk badan, tinggi dan berat badan yang berbeda-beda. Ketika kamu memutuskan untuk diet karena merasa gendut sehingga penampilanmu tidak menarik, coba untuk konsultasikan dulu ke dokter atau ahli gizi. Apa memang berat badanmu sudah berlebihan atau mungkin dibandingkan temanmu yang lain standard berat badanmu memang lebih tinggi karena satu dan lain hal. Kenali juga diet apa yang cocok untuk tubuhmu, karena tidak semua diet cocok untuk semua orang. Kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda dan kemampuan olahraga setiap orang juga berbeda. Yang paling penting pahami apakah tugas dari tubuhmu itu, tugasnya adalah untuk mengakomodir dirimu bergerak dalam beraktifitas dan melindungi organ-organ dalammu. Selama tubuhmu masih bisa melakukan tugas utamanya, maka tidak perlu cemas.

  1. Kurangi penggunaan media sosial

Salah satu factor yang mempengaruhi negative body image adalah media sosial. Dalam media sosial kamu bisa melihat foto hingga video dengan #bodygoals yang akan memicu dirimu membandingkan bentuk fisik mereka dengan dirimu. Padahal kita tidak benar-benar tau bagaimana orang itu sebenarnya namun kamu telah menjadikan mereka role model.

  1. Kenali lingkunganmu

Coba perhatikan lagi obrolanmu dengan teman, rekan kerja bahkan keluargamu. Apakah mereka sering membicarakan tren diet terbaru untuk menurunkan berat badan, mengeluhkan kenaikan berat badan, menceritakan olahraga untuk membentuk otot dan hal-hal lain yang berhubungan dengan penampilan fisik? Jika iya, tidak menutup kemungkinan lingkunganmu memiliki obsesi terhadap bentuk tubuh. Coba untuk mulai mengurangi membahas hal-hal yang bisa membuatmu kembali mencemaskan bentuk badan dengan mengalihkan pembicaraan. Namun, jika menurutmu mereka sudah terlalu toxic, tidak ada salahnya kamu mengurangi pertemuan dengan mereka.

  1. Sayangi tubuhmu

Tips yang paling ampuh untuk meningkatkan body image positif adalah dengan love yourself. Dengan menyayangi tubuhmu maka kamu dapat lebih bersyukur dan memahami bahwa setiap orang dapat cantik/tampan dengan cara mereka masing-masing. Kamu akan dapat memperlakukan tubuhmu lebih baik dengan tidak memaksakan berolahraga/bekerja, memperhatikan asupan makanan agar tetap sehat, dan menerapkan pola tidur yang baik. Tubuh yang sehat merupakan investasi yang paling berharga.

Jika kamu memiliki negative body image hingga mengalami eating disorder, anxiety atau depresi, kamu bisa datang ke psikolog untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/finding-cloud9/201306/how-improve-body-image-the-three-ds

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/presence-mind/201501/five-research-based-tips-improving-your-body-image

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/beauty-sick/201809/4-mantras-improve-body-image?collection=1120195

Desainwebku