Pernahkah kamu khawatir dengan apa yang kamu pikirkan? Membayangkan sesuatu yang tidak terjadi, memutar kembali apa yang membuatmu sedih dan memprediksi hal-hal negatif atas apa yang kamu pikirkan?

Saat kamu membuang kulit pisang sembarangan dan membayangkan ada orang jatuh terpeleset hingga akhirnya ia meninggal dunia dan kamu akan dipenjarakan oleh polisi?

Memikirkan hal tersebut termasuk ke dalam overthinking. Terlalu banyak memikirkan hal-hal seperti itu juga mempunyai dampak yang buruk bagi kesehatan mental lho! Selain itu orang-orang yang mengalami overthinking juga cenderung mengalihkan pikirannya ke makanan dan hal-hal berbahaya lainnya, seperti alkohol atau drugs. Jadi nggak sehat banget nih overthinking buat kesehatan kita. Yuk ikutin 6 tips berikut untuk mengatasi overthinking.

1. Perhatikan kapan kamu mengalami overthinking

Hal utama untuk memberhentikan overthinking adalah “kesadaran”. Sadar ketika kamu mulai membayangkan atau memikirkan sesuatu yang berlebihan. Sadar dan akui bahwa pikiranmu tidak produktif dan ngga perlu untuk dipikirkan sampai segitunya.

2. Tantang pikirianmu

Ketika kamu sudah sadar kalau kamu sedang mengalami overthinking, coba deh kamu belajar untuk mengenali dan mengganti pikiranmu sebelum nantinya pikiranmu dibesar-besarkan oleh pikiran negatifmu sendiri.

3. Fokus dengan pemecahan masalah

Jangan larut dalam buaian overthinking mu, coba cari solusinya tanyakan pada diri mu sendiri, “kenapa ya ini bisa terjadi?” dan “apa yang harus aku lakukan ya?” lalu langkah apa yang kamu akan lakukan dari belajar dari masa lalu dan menghindari masalah di masa yang akan datang.

4. Beri jadwal untuk refleksi

Kamu bisa memberi waktu untuk kamu berpikir seperti merenung, kekhawatiran atau apapun yang ingin kamu pikirkan tapi hanya pada waktu yang dijadwalkan saja. Misalnya 20 menit sebelum tidur. Jadi ketika kamu mengalami overthinking, ingat kamu punya jadwal untuk kamu refleksi.

5. Praktikkan mindfulness

Jangan larut dengan penyesalan yang kemarin dan kekhawatiran yang akan datang. Yuk sadar kalau kamu hidup di hari ini, dengan sering latihan mindfulness itu dapat mengurangi pikiran negatif lho!

6. Ubah pola pikir

Mengatakan pada diri sendiri untuk berhenti memikirkan sesuatu dapat menjadi bumerang buat diri sendiri. Semakin mencoba menghindari pikiran masuk ke dalam otak kita semakin besar kemungkinan pikiran itu bermunculan. Kamu bisa menggantinya dengan menyibukkan diri dengan cara yang baik, seperti olahraga, bekerja, berkegiatan atau mengumpul bersama teman.

Menjadi seorang pemikir baik lho! Terkadang menjadi seorang yang kritis itu perlu. Tapi kalau pikiranmu selalu negatif itu sih justru nggak baik. Dengan mengikuti enam tips di atas semoga kamu bisa mengurangi dan berhenti berpikir negatif ya!

Sumber

Morin, Amy (2016) 6 Tips to Stop Overthingking.  ditemu kembali https://www.psychologytoday.com/us/blog/what-mentally-strong-people-dont-do/201602/6-tips-stop-overthinking

Send this to a friend

Desainwebku