Berduka adalah perasaan yang ditimbulkan ketika kita kehilangan orang atau sesuatu yang kita sayangi. Berduka selama ini selalu identik dengan peristiwa kematian padahal kita dapat merasakan perasaan duka dari berbagai hal seperti putus dari pacar, orang tua bercerai, kehilangan pekerjaan, kehilangan hewan peliharaan, hingga kehilangan benda-benda yang memiliki arti tertentu bagi kita. 

Ketika kamu merasa berduka biasanya kamu akan merasa tidak percaya bahwa hal ini terjadi padamu, sedih dan merasa bersalah telah melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu sebelum kehilangan. Lalu bagaimana cara kamu take care dirimu ketika sedang merasa berduka? Berikut tips nya :

  • Pahami perasaan sedih yang sedang kamu rasakan, jika kamu menutupi perasaan sedih yang sedang kamu rasakan bisa memberikan efek jangka panjang
  • Coba untuk lakukan hal-hal yang menarik ataupun hobi
  • Jaga kesehatan dengan tetap makan sehat dan olahraga
  • Ungkapkan perasaanmu kepada orang yang kamu percaya atau profesional
  • Pahami perbedaan antara berduka dan depresi

Apasih memang bedanya antara berduka dengan depresi?

Berduka dan depresi memang akan sulit untuk dibedakan karena memiliki beberapa kesamaan ciri. Namun tetap ada beberapa hal yang dapat membedakan seperti ketika sedang berduka kita tetap merasakan berbagai emosi, kita tetap akan merasakan good day and bad day namun ketika merasakan depresi kita akan merasa sedih dan putus asa yang berkepanjangan.

Perbedaan selanjutnya adalah pada depresi kita tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik bahkan memiliki pemikiran untuk bunuh diri, sementara ketika kita berduka kita tetap dapat melakukan kegiatan sehari-hari. Ketika kamu sedang berduka dan merasakan hal-hal tersebut maka segera lah untuk menghubungi konselor atau profesional lainnya.

Penulis: Nadya Anindita
Editor: Elga Theresia

Desainwebku